Doa Menolak Takdir

Pertanyaan:

Apa penjelasan dari hadits,“Tidak ada yang menolak takdir kecuali do’a” ?.

Jawaban:

Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Hakim dan selainnya, sedangkan makna  hadits ini adalah bahwasanya do’a merupakan sebab datangnya kebaikan, dan bahwasanya ada hal-hal yang ditakdirkan dengan sebab-sebab tertentu, yang mana jika sebab-sebab itu terpenuhi maka akan terjadilah yang ditakdirkan(Allah #l), dan jika tidak tercapai sebab tersebut, maka tidak akan terjadi apa yang ditakdirkan. Jika seorang muslim berdo’a kepada Tuhannya, maka ia akan mendapatkan kebaikan, namun jika ia tidak berdo’a, maka ia akan mendapatkan kejelekan. Ini sama halnya dengan silaturrahim yang diajadikan Allah #l sebagai sebab untuk memperpanjang umur, dan pemutusan silaturrahim adalah penyebab dari lawannya, Wallahu a’lam.

(Al-Muntaqa Min Fatawa fadilah Syaikh Shalih bin Fauzan II/103]

Bukan untuk Si Sakit

Peratanyaan:

Apakah shalat qashar dan jama’ diperbolehkan bagi orang sakit? Ataukah shalat tersebut menjadi keringanan bagi orang yang safar (bepergian)?

Jawaban:

Shalat qashar(meringkas)  tidak diperbolehkan bagi orang yang sakit, hanya diperbolehkan bagi orang yang safar. Allah #l berfirman,

وَإِذَا ضَرَبْتُمْ في الأَرْضِ فَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَن تَقْصُرُواْ مِنَ الصَّلاَةِ‏

“Apabila kalian melakukan perjalan diatas bumi ini maka tidak ada dosa bagi kalian untuk meringkas (bilangan) shalat). “ (An Nisa’: 101)

Dan Adharbu fil ardhi memilki makna beergian(safar). Adapun menjama’ dua shalat di dalam salah satu waktunya  seperti menggabungkan shalat dhuhur dengan ashar, dan jamak maghrib dengan isya’ diwaktu shalat maghrib atau isya’ maka diperbolehkan bagi orang sakit apabila ada tuntutan. Namun shalat qashar tidak diperbolehkan bagi orang sakit karena dia dalam keadaan mukim(tinggal didaerahnya), seorang yang mukim tidak boleh mengqashar(meringkas) shalat, karena itu hanya keringanan yang diperuntukkan bagi para musafir saja.” Allahu a’lam

(Al Muntaqa min fatawa Syaikh Al fauzan Jilid III/  85)

Edisi Terbaru