Mengatasi Kerasnya Hati

Pertanyaan :

Assalamualaikum ustadz, saya pemuda berusia 28 tahun, beberapa hari ini saya berupaya untuk membersihkan hati agar hati saya tidak keras dan dan menjadi orang yang pemberani (tidak ciut nyali). Mohon bimbingan ustadz agar saya dapat melembutkan kekerasan hati ini dan menghilangkan penyakit hati ini. Terima kasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Jawaban :

Wa'alaikum Salaam Warahmatullaahi Wa barokaatuh
Alhamdulillah saudara menyadari hal tentang kekerasan hati yanga ada pada diri sauadara. Semoga pengakuan jujur saudara ini menjadi permulaan dari mulai lunaknya kekerasan hati sebagaimana yang saudara  rasakan.

Kekerasan hati dalam satu sisi adalah positif bila hal itu digunakan dalam mempertahankan prinsip yang benar dan tegar dalam

Read more ...

Gemerlap dan Diskon di Tahun Baru

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum Ustadz. Mohon penjelasannya:
1.    Bagaimana hukumnya kita memanfaatkan momen Natal dan Tahun Baru untuk memberikan diskon khusus dalam berjualan. Apakah boleh?

2.    Mohon tips dan kiatnya agar kami sebagai remaja tidak larut dalam euforia perayaan tahun baru yang selalu berlangsung meriah dan bisa memberikan pengertian tentang kesia-siaan dalam perayaan tersebut?
Terimakasih atas penjelasan ustadz.
 
Wiwin di Tasik

Jawaban:
Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh.

Alhamdulillah washshalatu wassalam ‘ala Rasulillah.
Para ulama sepakat bahwa merayakan hari raya Natal dan Tahun Baru tidak diperbolehkan, karena ini termasuk meniru-niru mereka pada hari raya orang kafir yang khusus dilakukan oleh mereka. Rasulullah #n bersabda,
مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ
“Barang siapa meniru-niru suatu kaum, maka dia termasuk golongan mereka.”

Rasulullah #n juga telah menyebutkan bahwa di dalam Islam hanya ada dua hari raya yang diperbolehkan dan beliau

Read more ...

Edisi Terbaru